Ada Masanya

Pict saat nge-trip ke Bukit Kandis bareng teman-teman. Bahkan gambar ini sja memiliki kisahnya sendiri yang membuat senyum saat dikenang😊

Satu per satu ku buka lagi lembaran-lembaran lama itu. Perlahan ku buka lagi sebuah gambar diri yang sedang memegang mic, seorang wanita yang begitu sibuk dan nampak gurat letih+ngantuk dari wajahnya. Perlahan ku buka lagi album kenangan itu. Kenangan masa-masa dahulu saat aktif di Organisasi, di Komunitas, di kepanitiaan. Masa-masa penuh ceria, penuh kesibukan, penuh dengan lingkaran pertemanan.

Jangan bilang bahwa saat ini aku sedang rindu masa-masa itu. Karena ini bukan rindu yang pertama aku rasakan. Ini adalah rindu yang ke sepersekian kalinya. Rindu yang tak mampu ku hitung ntah berapa kali aku merindu.
Benarlah kata pepatah. "Setiap orang ada masanya. Dan setiap masa ada orangnya". Dan betul!, saat ini masa ku telah berakhir. Diganti dengan generasi berikutnya. Lalu, sudah waktuku mencari masa yang lain. Kehidupan yang sesungguhnya di lingkungan masyarakat. Di alam sekitar. Bukan di kisaran kampus-asrama/kostan.

"Suatu saat kamu pasti akan rindu masa ini, Neng. Saat kamu liat semua album foto-foto waktu masih aktif kuliah dulu". Ucap seniorku saat aku main-main ke kampus.
Oh jauh hari aku telah mengaminkan ucapan itu. Bahkan sudah berulangkali aku membuka album foto yang sama.  Tentang kisah perjalanan, tentang persahabatan, kekompakan, perjuangan, kerja sama, konflik, dan semua yang berkaitan tentang sesuatu yang saat ini aku sebut tinggal kenangan.

Mungkin iya, dulu kita adalah orang yang suaranya ada di paling depan. Mungkin iya, dulu kita adalah orang yang merancang beragam program, mungkin iya, dulu kita adalah senior yang menjadi panutan para junior. Mungkin iya, dulu kita adalah orang yang nasehatnya di butuhkan. Namun saat masa kita telah habis, siapa kita?  Jangankan "iya" akan semua hal itu. Ingat mereka akan diri kita aja syukur. Nantilah tentang apa itu kontribusi. Toh, orang yang dulu mengelu-elukan kita pun juga akan habis juga masanya. Akan merasakan rindu yang lebih dulu kita rasakan.

Satu hal yang penting, saat kita ada di posisi yang dibutuhkan orang dan kelompok, maka lakukanlah yang terbaik. Seperti motto kemenag, "Ikhlas Beramal". Karena jika mengharap balasan dari manusia, bahkan dalam bentuk sekadar ingin dihargai saja, kalau tidak kita dapatkan, KITA PASTI KECEWA.

 Begitu pula dimanapun kita berada, hendaknya kita senantiasa menebar manfaat bagi sesama. Bahkan dalam sebuah hadist juga disebutkan. "KHAIRUNNAS, ANFAA UHUM LINNAS. SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN".

Hey! Apakah kamu salah satu orang yang rindu masa-masa kuliah?  Rindu masa-masa saat kumpul bareng teman? Rindu rapat di organisasi?  Yuk kita TOS dan agendakan ajang curhat-curhatan. Kita bikin grup whatsapp dengan nama grup NOSTALGIA. 😄

6 komentar

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah