Menuju International Coffee Day 2020 di Bengkulu


Hello teman-teman,

Aku punya kabar gembira ni buat kita warga kota Bengkulu.  Karena pada Oktober 2020 mendatang, Bengkulu akan ngadain suatu event kelas dunia yang bernama Coffee Day Internasional. Kita semua tau, selain terkenal dengan Wisata Pantai Panjangnya, sekarang Bengkulu juga sudah terkenal dengan berkembangnya wisata-wisata di Provinsi Bengkulu yang kian menarik untuk dikunjungi. Komoditi Bengkulu juga tak diragukan lagi. Bengkulu terus mengembangkan dan menggenjot beberapa komoditas unggulan daerah agar semakin dikenal. Salah satunya yaitu Kopi Bengkulu.

Baca juga: Kopi Gading Cempaka Oleh-oleh Khas Bengkulu

Seperti diketahui, Bengkulu merupakan provinsi ketiga penghasil kopi terbesar di Indonesia setelah Sumatera Selatan dan Lampung.

Bengkulu merupakan penghasil kopi terbesar ketiga

Bengkulu yang masuk "Segitiga Emas Robusta" di pulau Sumatera ini, setidaknya beberapa tahun terakhir sudah mulai diperhitungkan keberadaannya.

Pemerintah provinsi Bengkulu dalam hal ini Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pun terus lakukan upaya untuk mengenalkan kopi Bengkulu ke Masyarakat. Mulai dari branding, perluasan pemasaran hingga kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini semata untuk mengenalkan kepada dunia luar, bahwa Bengkulu memiliki kopi yang punya citarasa khas yang berbeda dengan daerah lain.

Gubernur terus berupaya membranding Kopi Bengkulu kepada dunia luar 

Selain itu, Pada tahun 2018, Bengkulu sudah memperoleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu (HAM) Republik Indonesia. IG ini diberikan sebagai langkah untuk melindungi potensi kopi Bengkulu yang cukup besar.

Sertifikat Indikasi Geografis yang di peroleh Bengkulu tahun 2018

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan "Satu biji saja biji kopi Bengkulu keluar, maka harus disebutkan nama Bengkulu. Untuk itu, kita perlu melindungi hak para petani kopi Bengkulu agar tidak di klaim daerah lain,"

Baca juga: Sensasi Kuliner Bengkulu di Rumah Jala

Bahkan, mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini telah berhasil membranding Kopi Bengkulu dengan merek Bencoolen Coffee hingga Jakarta, dan klimaksnya berbuah MoU Kerjasama Pemasaran Kopi Bengkulu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. keren yahh..

Anis Baswedan mengungkapkan, adanya kerjasama agar kopi rakyat bisa sampai ke Jakarta, karena kopi ini dirasakan memiliki kualitas yang bisa dibanggakan di skala nasional dan internasional. Jadi sudah saatnya jadi tuan rumah di ibu kota.
Menurut Anies, Jakarta sebagai salah satu kota yang memiliki pasar kopi yang sangat besar dengan permintaan yang tinggi, dapat menjadi wadah Kopi Bengkulu yang berkualitas baik, untuk dipasarkan.

Juga telah dilakukan MoU antara Gubernur Bengkulu dengan Gubernur Jakarta terkait pemasaran Kopi Bengkulu di Jakarta

Anis berharap, nanti kopi dari Bengkulu bisa dirasakan oleh warga Jakarta, dengan harga terjangkau, serta kualitas kelas atas.
Sementara di akhir tahun 2019 lalu, kopi Bengkulu berhasil pemberoleh penghargaan di 3 kategori awards pada Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) di Perancis. Tingkatkan terus prestasinya ya Bengkulu kuu..

Bahkan presiden AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products), Philippe Juglar memberikan apresiasi terhadap langkah Gubernur Rohidin dalam mengembangkan komoditas kopi Bengkulu sehingga dapat bersaing dengan kualitas dan kuantitas yang tidak kalah dengan kopi negara produsen lain.


Philip mengungkapkan ucapkan terimakasih kepada Gubernur Bengkulu yang telah mendedikasikan kinerja, usaha, dan waktunya dalam mengembangkan kopi Bengkulu. Ia juga mengatakan langkah yang dilakukan gubernur sampai saat ini sudah sangat tepat.

Upaya dan kerja keras Gubernur Rohidin yang membranding kopi Bengkulu makin terasa setelah Bengkulu secara resmi ditetapkan sebagai tuan rumah International Coffee Day pada tanggal 01 Oktober 2020 mendatang. Nggak sabar ya nungguin tanggal ini.🤩

Baca juga: Bengkulu Religius, Masjid Buka 24 Jam

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih pada Gubernur Rohidin di penguhujung tahun 2019 lalu.

"Masyarakat Bengkulu mestinya bersyukur punya gubernur seperti Gubernur Rohidin ini, karena sangat visioner, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan komoditas lokal hingga ke kancah internasional. Apalagi event besar ini diadakan di benteng terbesar yang memiliki nilai historis," jelas Dirjen IKMA.

Kopi

Kesejahteraan petani Kopi juga hendaknya terjamin dengan brandingnya Kopi Bengkulu

Gubernur Bengkulu menikmati secangkir kopi bersama generasi millenial

International Coffee Day 2020 pada bulan Oktober yang akan datang harus disambut sebagai momentum besar bagi petani dan pelaku kopi Bengkulu. Hal ini dikarenakan Bengkulu menjadi tuan rumah persis ketika permintaan pasar terhadap kopi meningkat drastis. Baik di pasar domistik maupun internasional.

#InternationalCoffeeDay2020
#HariKopiInternasional2020
#KopiBengkulu #KopiLokal #KopiGadingCempaka

22 komentar

  1. Wahhh jadii pengen coba ke Bengkulu deh, pasti asyik banget disana nihh

    BalasHapus
  2. waaah Pak Anies sampai berharap kopi bengkulu bisa banyak terdistribusi di Jakarta agar warga Jakarta bs slow ngopi dan akrab. hihi. kualitas kopi bengkulu memang terbaik

    BalasHapus
  3. Hypenya kerasa banget nih kalau lagi international coffee day daaaan masing2 daerah ada khasnya ya. Aku penasaran dengan rasa kopi bengkulu ini :33

    BalasHapus
  4. Asik nih Oktober nanti ada acara kopi lagi. Semoga bikin Bengkulu makin rame ya ekspor kopinya

    BalasHapus
  5. Sejak kuliah di Bengkulu dan tinggal beberapa tahun di sini, aku sering banget nyobain kopi khas Bengkulu. Emang enak banget. Kadang kalo pulang ke Padang, aku juga sering bawain oleh-oleh kopi bubuk.

    BalasHapus
  6. Ah belum pernah nyicip kopi bengkulu. Optimis rasanya gak kalah sama kopi gayo atau kopi lampung deh. Komoditi kopi di Indonesia tuh punya kualitas bagus. Happy International Coffee Day.

    BalasHapus
  7. Wah saya baru tahu, ternyata ada event seperti cofee day international. Keren nih, Bengkulu jadi tuan rumahnya Oktober mendatang. Yah semoga event ini berjalan lancar dan patut disambut dengan meriah, terkhusus mayarakat Bengkulu

    BalasHapus
  8. Keren ya, event cofee day international ini bisa mengenalkan potensi kopi hasil bumi indonesia ya

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Bangga deh. Semoga sukses International Coffee Day di Bengkulu tahun ini ya. Saya baru tau kalau ada istilah Segitiga Emas Robusta. Jadi ingin tahu lebih banyak, daerah mana saja yang termasuk di dalamnya.

    BalasHapus
  11. Semoga acaranya sukses, dan menjadi awal dari kesuksesan Kopi Bengkulu untuk eksis di pasaran.

    BalasHapus
  12. Dinantikan, kemeriahan dan sukses event Internasional Kopi Bengkulu

    BalasHapus
  13. Kalau adikku pulang, pasti yang dibeli kopi Bengkulu, memang sudah titipan dari kepala sekolah dan guru-guru pasti pengennya kopi bengkulu

    BalasHapus
  14. Kopi memang ciri khas Sumatera, terutama di Bengkulu ini. Turut berbangga hati Kopi Bengkulu sudah dikenal sampai internasional :'

    BalasHapus
  15. kalau bawa oleh-oleh dari Bengkulu bisa banget nih bawa kopi

    BalasHapus
  16. Kalau masih di bengkulu, aku excited banget buat bisa datang pastinya

    BalasHapus
  17. baca ulasan ini membuaktu ingin mencoba mencicipi kopi bengkuli, nampaknya sebagai pecinta kopi aku harus mencobanya

    BalasHapus
  18. Festival ini paling ditunggu-tunggu para pecinta kopi. beberapa temanku dari surabaya berencana datang ke event ini.

    BalasHapus
  19. Saya dulu pernah mencicipi kopi khas dari Bengkulu asli. Bijinya lumayan sedang, ciri khas kopi Bengkulu ini enak banget

    BalasHapus
  20. Hampir sebagian penghuni bumi pada penyuka kopi ya Mba
    aku belum pernah incip kopi Bengkulu.
    Pengen rasan enak apa nggak.

    BalasHapus
  21. Wah belum pernah nih aku ngrasain Kopi Bengkulu. Baru tahu juga kalau Bengkulu penghasil kopi terbesar ketiga. Selama ini tahunya cuma kopi Lampung sama Kopi Bali hehe.

    BalasHapus

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah