Haji atau Umroh?


Hallo teman-teman, lagi musin haji ni yaa.. Kita do'akan semoga yang lagi menunaikan ibadah haji diberi kelancaran  dan menjadi haji yang mabrur. Dan yang belum diberi kesempatan untuk ibadah haji, yuk kita sama-sama berkurban bagi yang mampu.

Ngomongin masalah haji nich, kali ini aku ngebahas tentang ibadah haji dan umroh. Sebelum bicara lebih lanjut,  kita cari tau dulu yuk perbedaan keduanya!

Perbedaan Haji dan Umroh

Haji secara bahasa adalah al qasdu, bermaksud atau menyengaja, sedangkan menurut syara’, haji adalah menyengaja/bermaksud ke baitullah untuk melaksanakan ibadah tertentu dengan syarat-syarat tertentu. Sementara umrah secara bahasa adalah az ziyarah, berkunjung, sedangkan menurut syara’ umrah adalah sengaja (berkunjung) ke Baitullah pada waktu selain haji untuk melaksanakan ibadah tertentu dengan syarat-syarat tertentu.

Dan dari segi waktu, haji dilaksanakan pada bulan-bulan tertentu, bukan dilakukan pada semua bulan, sehingga tidak sah hajinya seseorang yang dilakukan pada selain bulan Syawal, Dzul Qa’dah dan sepuluh hari pertama dari bulan Dzul Hijjah.

Sementara itu, umrah disunnahkan dilakukan pada semua bulan selain hari-hari dilaksanakannya haji bagi orang yang sedang berniat untuk haji.

Adapun dari segi hukumnya, maka haji itu ada pelaksanaan wuquf di Arafah, bermalam di Muzdalifah dan Mina, dan di dalam haji terdapat ritual melempar jumrah.

Sementara umrah tidak ada pelaksanaan ritual tersebut. Tetapi di dalam umrah hanya melaksanakan niat ibadah umrah, thawaf, sai dan Tahalul (menggundul atau memendekkan rambut) setelah sai.

Dan  dalam segi hukum pun Ibadah Haji dan Umroh jelas berbeda. Haji hukumnya wajib bagi yang mampu sebagai rukun islam ke-5. Dasarnya yaitu di dalam QS. Ali-Imron Ayat 96-9. Sementara umroh hukumnya adalah sunnah.

Lebih memilih Umroh dahulu atau menabung buat Haji? 

Nahh… ini adalah sebuah pertanyaan yang penting banget ni teman-teman. Karena kita semua pasti pada tau bahwa di Indonesia jika ingin nmelaksanakan ibadah haji, maka harus mendaftar jauh tahun sebelum dilaksanakannya. Aku sendiri kurang tau sich berapa lama waktu untuk menunggu. Bisa saja 5 tahun dari mendaftar baru ada panggilan buat haji sesuai dengan kuota jamaah. Namun seringkali juga jadwal keberangkatan beebrappa jamaah lebih dipercepat karena beberapa alasan. Salah satunya ada jamaah yang pada waktu berangkat, dia berhalangan. Sehingga harus digantikan agar mencapai kuota.
Namun seringkali juga jamaah lebih memilih untuk melaksanakan umroh terlebih dahulu jika sudah ada dana. Mengingat menunggu haji juga masih lama. 

Namun akan lebih baik juga kalau bagi aku, nabung dulu buat naik haji karena itu suatu kewajiban bagi kita. setelah itu baru dech ibadah umroh. Itu kalau aku sich. Semua orang punya pilihan dan alasan masing-masing. 

Kalau kamu, mau nabung buat haji atau umroh duluan aja nich?

Tidak ada komentar

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah