~Bimbingan~

"Berapa IPK,  Neng?"
"3, sekian bunda.." "Pertahankan ya!.  Semua baik2 aja kan?"
"Iya bunda"
"Semester kmren brpa nilai kamu?"
 "3, sekian bunda.  Berarti naik ya?"
"Alhamdulillah bunda.. "

Sejenak aku merenung.  Ipk??  Sesuatu yang sangat dikejar oleh mahasiswa.  Tak tanggung-tanggung. Bahkan
ada yg membeli nilai dg harga yg sudah dipatokan.  Dan Alhamdulillah di fakultas kami insyllah nggak ada yang kayak gitu.  Ipk,  apakah sebuah jaminan masa depan??  Tentu saja tidak.  Sebuah penelitian mengatakan IPK adalah nomr ke sekian sebagai penentu kesuksesan seseorang. Dan Yang pertama adalah relasi/ komunikasi.

Dulu,  ketika awal kuliah,  aku punya mimpi.  Meraih cumload.  Di semester pertama IP mendekati kata sempurna. Hanya tinggal 1 mk saja yg dpat nilai B.  Lalu aku di elu-elu kan oleh KA prodi. Disebut2 sbg IPK tertinggi hampir di setiap masuk di kelasnya kakak tingkat.

Kemudian Memasuki semester 2 dan 3, nilai ku turun juga tak tanggung2, bahkan pernah turun 5 angka. Maklumlah. Waktu itu lagi sibuk2 Nya organisasi.  IMM,  Penyiar Jazirah, DMM. Sekaligus juga menyeimbangkan waktu kuliah dg jam kerja di TPQ dan bantu2 di rumah saudara tempatku tinggal. Lalu,  namaku seakan tercoreng.  Aku seakan kehilangan rasa bangga dari beliau.  Di cap sebagai contoh yg tak baik. Di siarkan dari kelas ke kelas kalau nengsih itu,  dulunya Bagus,  tinggi ipk.  Kalau sekrang.  Bla.. Bla.. Blaa.. Itulah,  sibuk dengan organisasi. Nggak mikirin kuliah lagi. Jgn tanya sakit gimna!  Sakit lah pokoknya. Tuduhan yang aku tak terima.  Meski sebenarnya beliau sangat baik.  Beliau peduli kepadaku.  Beliau tidak ingin kuliah ku macet gara-gara kegiatan di luar jam kuliah.

Lalu semester 4, nilai ku terus naik.  Hingga sekrang.  Nilai kembali ke masa awal kuliah. Seperti smster 1 dulu.  Dan aku menanggapinya biasa-biasa saja.  1 mimpiku harus aku kubur hidup2. Mimpi untuk lulus dengan menyandang cumload.  Karena apa??  Karena aku harus mengulang 1 mata kuliah.  Mata kuliah yang aku tidak terima dosen tersebut memberi nilai C.  Padahal.???..  Ah sudahlah.

Dan sekarang.  Aku sudah memasuki semester 6. Mulai disuruh mencari masalah,  judul, KKN,  PPL.  Lengkap.  Pusing otak, pusing dompet.  Ya Rabbi.  Allahumma yasirr wa laa Tu'atssir..

Tidak ada komentar