MATERI KEDUA FLASH BLOGGING BERSAMA FOUNDER KUMPULAN EMAK-EMAK BLOGGER


Assalamu’alaikum wr.wb
Halo teman-teman semua,
Di artikel ini kita ngebahas tentang materi kedua dari acara Flash Blogging di Hotel Amaris pada tanggal 27 April 2018 ini yaa.. materi ini merupakan kelanjutan dari materi kita sebelumnya yaitu flash blogging dengan tema menuju indonesia maju.

Siapa pemateri kedua kita?? Yap.. Mbak Mira Sahid.
Kenalan sama Mbak Mira Sahid Yuukk...!!! 


Mbak Mira adalah seorang blogger yang merupakan founder dari Kumpulan Emak-Emak Blogger. beliau memiliki banyak sekali kiprah didalam dunia blog dan pastinya kece abisss… 
Sekilas aku liat Mbak Mira ini masih muda dan sangat fresh sekali tapi setelah aku tau bahwa ternyata beliau ini sudah memiliki 2 orang anak dan anak sulung nya sudah memasuki SMP. Aku benar-benar nggak menyangka. Kata beliau sich mungkin karena efek Yoga yang rutin beliau lakukan. Dan yang pasti menurut aku itu karena beliau selalu bahagia menjalani hari seperti quotes beliau di akhir sesi materinya yaitu,  “Jangan lupa bahagia”

Apa saja yang beliau sampaikan??
tiingginya pengguna elektronik di Indonesia
Di dalam materinya yang kedua ini, beliau menyampaikan, “Dunia terbagi menjadi 3, yaitu dunia nyata, dunia mimpi, dan dunia maya”
Dan kita lebih banyak menghabiskan waktu didalam dunia maya. Semua boleh-boleh saja, namun kita harus tetap hati-hati. Karena media maya juga merupakan pasar yang berdampak negative bagi kita. Misalnya saja kasus penjualan anak. Jadi kita harus berhati-hati dan bijaklah dalam bermedia maya.
Di dalam materi juga beliau mengatakan bahwa media yang paling aktif untuk share informasi adalah Facebook. Selain facebook, blog juga sangat berpengaruh. Bahkan selama 10 tahun ke depan, blog akan menjadi media yang sangat efektif dalam menyebarkan informasi.
Selain pemaparan motivasi kepada kita (para blogger) tentang pentingnya kita ng-blog, mbak Mira juga menyampaikan point penting lainya bagi para blogger yang terangkum dalam slide beliau, diantaranya yaitu:
foto bareng Mbak Mira Sahid

Kenapa kita harus ngeblog??
Menurut mbak Mira, kenapa kita harus ngeblog yaa karena ada banyak content yang mesti kita share yang sangat bermamfaat dan tidak meski tentang komersial.

Mamfaat blog  apa saja?
Yaitu:
1. Hobi/Passion
2. Rekam jejak digital (menulis untuk diri sendiri) _Mira Shahid
3. Media informasi
4. Personal branding
5. Engagement
6. Peluang

Bentuk blog yang bagus:
1. Ramah Mata
2. Up to date dan informative
3. Spesifik
4. Personal
5. Berguna
6.  Unik

Ide kreatif menulis di blog
1. Membaca
2. Berlatih
3. Efek visual
4. Inner link
5. Positif
6. Olahan kata

Tips Yang paling  penting dalam menulis yaitu memulai dengan:
1. Intro, berupa pertanyaan atau pernyataan
2. Details, apa aja yang di bahas, siapa saja yang hadir, dll blogger bukan wartawan. Bukan press release. Kita opini.
3. Conclusion, closing dengan pernyataan atau pertanyaan shg pembaca mau melakukan timbale balik terhadap tulisan kita.
penanya yang begitu bersemangat

“Dear Blogger Dan Netizzen, You Are What You Write”
T = It is True (benarkah)?
H = Is it Hurtful (menyakitkankah)?
I  = Is it Illegal (Illegalkah)?
N = Is it Necessary (Pentingkah)?
K =  Is It Kind (Santunkah)?

Mbak Mira juga mengatakan kita mesti Saring dulu sebelum sharing informasi. Bahkan di dalam QS. AL-Hujurat ayat 6 juga dikatakan:
يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

“Tetaplah menulis, maka kamu akan tau siapa dirimu”
_Mira Sahid_

Tidak ada komentar