Penyebab Bau Mulut Saat Puasa


Pada puasa semua kan teman-teman? Puasa identik dengan bau mulut yang khas. Namun tak usah khawatir. Hal ini normal dan wajar-wajar saja. Apalagi ada jaminan sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa seperti bau minyak kasturi di surga. Masyallah…

Namun kita tetap cari tau penyebabnya yukk..

Dilansir dari popmama.com, salah satu penyebabnya adalah karena tidak makan dan minum seharian. Kondisi ini membuat produksi air liur berfungsi untuk membilas kuman penyebab plak dan bau mulut pun akan menurun.

Bakteri di mulut ini terus berkembang biak tanpa ada pembilasan darri air luar yang kemudian menghasilkan gas berbau tidak sedap dari mulut.

Selain itu, penyebab bau mulut saat berpuasa juga dipengaruhi oleh makanan yang kita makan saat sahur. Misalnya seperti makanan yang terlalu manis atau terlalu asin, makanan beraroma tajam atau minum berkafein tinggi.

Lalu apa solusinya?

Solusin agar mulut tidak begitu bau adalah dengan menyikat gigi setelah sahur untuk membuang sisa-sisa makanan, menyikat lidah karena lidah juga jadi salah satu tempat berkumpulnya bakteri, banyak minum air putih, gunakan mouthwash, perbanyak makan sayur dan buah saat sahur serta yang paling utama adalah hentikan kebiasaan merokok.

Semoga bermanfaat ya teman-teman.. happy fasting :-)

1 komentar

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah