Day 1: 5 Alasan Kenapa Menulis Blog


“Kak itu koq diketik?” tanyaku kepo tatkala melihat salah satu sepupu yang menulis buku cerita lucu tentang kisah Abunawas di layar notebook.

Saat itu ya aku gaptek banget. Jangankan tau tentang blog. Tentang email aja syukur tau karena ada pelajaran di MTs dulu. Hehee.. dan notebook? Baru tau juga kalo ternyata ada computer kecil nggak segede di sekolah berikut dengan perangkat CPU nya. Hahah…

lalu beliau memberi tahuku tentang apa yang ia tulis. Menulis di notebook lalu memindahkanya ke blog. Ia menjelaskan secara tipis tentang aplikasi blog dan tulisan apa saja yang bisa ditemui di blog. Itu adalah awal pertama aku kenal dengan yang namanya blog. 


pict by: pixabay

Dan bertahun-tahun kemudian ketika aku memasuki bangku kuliah ada sebuah seminar tentang blog. Dan disana jualah pada tahun 2016 aku mulai membuat akun blog. Sempat aktif dengan menulis beberapa tulisan namun kemudian terhenti karena mood-moodan. Dan akhirnya kembali insyaf ke jalan yang benar yaitu ng-blog lagi. #Eaaa.. hehehe

Mengenai alasan kenapa aku menulis blog? Ada 5 alasan kenapa aku menulis blog yaitu:

1. Hobi yang tersalurkan

Menulis? Yaa aku hobi. Hobi sejak masih SD dulu. Kalo ada tugas disuruh buat pengalaman ketika liburan aku suka sekali. Menuliskanya 1 lembar buku bolak balik dengan tutur bahasa yang sederhana. Ternyata hobi menulis ini berlanjut hingga MTs-MAN (SMP-SMA). Disaat aku juga belum mengenal apa itu blog. Jika saat ini blog dikenal dengan diary digital. Maka dimasa-masa remaja aku mengenal diary manual. Tempat mencurahkan segara perasaan suka dan duka maupun kisah hidup. 

Yapp.. tak tanggung-tanggung bahkan aku memiliki 5 buah diary dari yang kecil hingga yang tebal. Dari yang tergeletak hingga yang terkunci rapat. Hehehe.. masa remaja sudah mengenal cimon sayyy.. udah tau akan rasa malu kalo perasaan diketahui orang. Wkwk.. 

Dan sekarang setelah sekian lama semua diary itu hilang akhirnya aku menemukan diary digital ini. Tepat sekali!! blog. Insyallah tidak kan hilang kecuali kalo aku hapus. Ataupun dihapuskan sama mbah google. Hehee.. dengan nge-blog aku merasa hobi ngoceh-ngoceh. Otak atik angka ini telah tersalurkan. Alhamdulillah yaaa.. bersyukur banget akhirnya hobi tak dipendam sendiri. hehee

2. Mengabadikan moment

 
moment ke Bukit Kaba
Kamu suka perjalanan? Banyak kegiatan?  Dan ketika melakukan perjalanan kamu sukanya foto-foto kan? Nah.. apa tujuan mu untuk foto-foto tersebut? Tak lain dan tak bukan untuk mengabadikan moment. Iyess?? Ada banyak kisah di balik foto. Iya kannn??? Dan aku rasa foto saja tidak cukup untuk menjelaskan moment secara detail. Perlu 5W+1H juga layaknya berita. Hehee.. 
Oleh karena itulah alasan kedua ini menjadi alasan pula bagiku kenapa harus nge-blog. Pokoknya sebisa mungkin dech abadikan moment dalam sebuat tulisan. Dipaksa-paksain walau kadang tak semua bisa kuabadikan. Sok sibuk bin capek gitu loh. Wkkwk…  oya dengan nge-blog bukan cuma bisa abadikan moment dengan foto/ video/ tulisan doank. Tapi bisa sekaligus. Tinggal kreatifitas kita lagi dalam mengolahnya. Keren kaaannn???

3. Berbagi dan menginspirasi





Berbagi apa saja. Berbagi tips misalkan berbagi pengalaman misalkan. Yaa berbagi apa saja yang kiranya bermamfaat dan bisa menginspirasi banyak orang. Meski blog aku masih sederhana dan jauh banget dengan bloger kece di luaran sana namun aku berharap blog aku bermamfaat jua buat orang agar berfaedah. Aamiin..

4. Salah satu media dakwah

Dengarin kajian lalu mencatatnya di buku. Siapa yang demikian cungg!! Kalo iya berarti kita sama. (kalo nggak lupa bawa pena dan buku sich) Hihiii.. 

Awal-awal dulu sebelum menulis isi kajian di blog aku masih mencatat di buku doank. Namun aku kemudian berfikir. Pas jadwal kajian ada beberapa teman yang tidak bisa hadir dan dia minta di share kan hasil kajiannya di grup. Lalu terkadang aku juga tak bisa hadir dan meminta teman membagikan tulisan di grup. Dan disanalah akhirnya aku mikir untuk menyalin hasil kajiannya di blog saja. Hitung-hitung update blog ya. Belum lagi kalau Cuma nulis di buku kadang nggak bisa dibaca. (tulisan aku mah harus banyak pemakluman. Hahaa). 

And finally aku pun menulis hasil kajian di dalam blog dengan label Jalan Dakwahku. Meski sekarang jarang di update namun do’akan aku agar segera mengupdate tulisan di label dakwah ini. aamiin..

5. Memungut pundi-pundi receh

 
 Kenapa aku menulis alasan ini yang terakhir??

Yaa.. pada awalnya aku memang benar-benar belum terfikirkan untuk memungut pundi rupiah melalui blog. Awalnya memang murni dengan 4 alasan di atas. Tak peduli waktu itu iming-iming orang nge-blog bisa menghasilkan uang. Dan karena bergabung di Blogger Bengkulu yang orangnya pada care dan sering 
share link job ya aku iseng aja meninggalkan jejak disana. Hehee.. dan alhamdulillah satu per satu ada yang nyangkut. Dan sekarang malah ketagihan dengan job-job melalui blog maupun medsos. Do’ain ya biar aku dan kamu yang baca blog ini juga kebanjiran job. Hehee.. aamiin..

Okay itu ya teman-teman 5 alasan kenapa aku nge-blog. Nah kalau kamu apa nich alasan utamanya? Sharing yukkk…

1 komentar