Day 5: Tentang Media Sosial

Hallo ..
Assalamu’alaikum semuanyaa..

Kita kembali lagi di hari ke-5 yaa.. tema challenge kita kali ini adalah tentang media social.

Media social zaman now


pict by: pixabay
Sekarang aku Tanya dulu dech ke teman-teman. Bagaimana rasanya sehari saja tanpa megang hp?,Seberapa penting hp dalam aktivitasmu? Apa saja mamfaat hp bagimu? Apa saja aplikasi media social yang ada di hp mu?

Nah.. saya rasa di zaman now ini, hp sudah sangat melekat sekali di masyarakat. Semua kalangan memilikinya. Bukan hanya kebutuhan sekunder. Bahkan sudah menjadi kebutuhan primer. Mulai dari orang tua hingga anak-anak. Mulai dari masyarakat kota hingga pedesaan. Semua memiliki hp. Apalagi kegunaan hp selain dari menelpon,  juga menyediakan aplikasi-aplikasi media social. Wah.. zaman sekarang media social mah udah menjamur sekali. Bahkan info-info seringkali kita dapatkan dari postingan teman di media social.

Sibuk dengan hp dan sosmed

Pernah nggak ketika ngumpul dengan teman-teman. Tapi pada kenyataanya malah sibuk dengan hp masing-masing? Yang pernah berarti sama. Wkwk.. apalagi coba kalau bukan untuk buka Whatsapp, Instagram, FB. Twitter, dll.. kepoin snap si do’I atau cari mencari ntah apa yang dicari. Wkwk

Media socialku

Sebagai manusia yang hidup di abad milenial kita juga mesti melek akan teknologi. Begitupun aku. Apalagi sejak menjadi blogger aktif. Media social tak bisa lepas dari update. Selalu saja ada bahan yang mau di posting. Belum lagi kalo tugas  buzzer yang harus post beberapa bahan tiap harinya di media social. Posting di ig. Fb dan twitter

Nah aku memiliki beberapa media social. Yaitu:

1. Fb




Fb adalah media social pertama yang aku miliki. Sebelum kenal medsos yang lain. Dari fb lah aku bisa menjalin silaturahmi dengan saudaraku nun jauh di pulau Kalimantan sana. Yang susah sekali untuk bertemu langsung. Di fb juga sering aku temui artikel-artikel. Baik itu artikel islami, politik, hingga berita tentang artis. Hhhh

2. Whatsapp (WA) 




Medsos kedua ini merupakan pengganti sms. Atau pesan singkat jaman dulu. Di WA juga banyak info-info yang kita peroleh. Tapi juga mesti hati-hati. Karena seringkali share berita hoax oleh orang yang asal share doank. Nahh.. apalagi WA ini merupakan penunjang paling berjasa selama menjadi blogger. Karena dia berkaitan erat dengan job. Hehee

Wa juga tempat reunian. Karena disana banyak sekali grup-grup mulai dari SD hingga S1, S2, atau S3. Heheh.. grup komunitas, organisasi, jualan , dan banyak lagi.

3. Instagram (IG )





Nah medsos ketiga ini kata orang sich tempat pencitraan. Tapi tidak juga koq. cz banyak juga yang make ig sekadarnya saja. Ada yang menjadikan ig untuk jualan. Konten dakwah. Dan aku secara pribadi menjadikan ig untuk media promosi kegiatan, dakwah, share foto pendukung blog, abadi moment, wisata.

baca juga: Kenapa Menulis Blog


4. T
witter



Dulu pernah membuat twitter ketika masih zaman putih abu. Namun kemudian lupa password dan akhirnya buat twitter baru dech. 

Kenapa buat twitter? Dulunya karena liat teman. Dan follow akun-akun lawakan atau humoris gitu. Namun twitter yang baru ini ya lagi-lagi karena tuntunan seorang blogger memang harus punya twitter untuk share postingan atau nge-buzzer.

Okay itu sich yaa medsos yang aku miliki. Selain itu ada juga telegram. Namun tak pernah pake. Cuma tetap ada aja di hp. Dulu juga ada line dan bbm. Sekarang udah nggakda lagi. Beralih ke whatsapp semua. Grup pun udah pada hijrah ke Whatsapp semua dari BBM. Yaa namanya juga teknologi terus berkembang dan persaingan makin ketat.hm..

Bijak menggunakan media social
Nah dari sekian banyak media social yang ditawarkan. Kita mau dikemanakan nich medsos yang  kita punya?

Sedikit cerita nich ketika lagi buka fb. Aku membaca salah satu postingan teman fb yang kira-kira bunyinya begini, 


“Tutup sajalah akun fb nya nggakda guna. Hanya merusak saja”.

What?? Aku terkejut. Ada apa ini? 


pasti dia sedang ada masalah akibat fb. Fikirku. Ada yang koment setuju dan ada yang tidak setuju dengan alasan. Dan aku pun ikutan koment tidak setuju. Ya donkkk.. masa fb yang udah membantu komunikasi aku dengan saudara yang jauh ini disalahkan dan mau ditutup. Masa fb tempat kita berbagi mamfaat ini mau tutup kann?? Padahal semua itu tergantung pengguna. Medsos itu diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Bukan malah disalahgunakan. Bukan untuk menyebar berita hoax, ujaran kebencian, tempat curhat dan mengeluh.

Yaa.. jadi balik-balik lagi ke kita orang-orang pengguna media social. Kita kudu pintar yaa dalam bermedsos. Harus bijak dan gunakanlah semestinya.

Mungkin itu ya pendapat aku tentang media social. Maaf jika ada kata yang salah. Harapnya moga kita semua dapat mengambil mamfaat dari media-medial social yang kita miliki. Bukan malah dimamfaatkan.

Ingat selalu untuk saring sebelum sharing.

6 komentar

  1. Yup, pintar-pintar kita yang menggunkaan. Pengguna yang menentukan sosmednya dibuat untuk apaan kan ya

    BalasHapus
  2. Semenjak ada wa hampir ga pernah make sms dan telpon lewat kartu sim. Wkwk

    BalasHapus
  3. aku sih ga masalah ga megang hape seharian, apalagikalo ga ada kuota, hahaha

    BalasHapus
  4. Setuju, apapun media sosialnya, yang penting digunakan untuk hal-hal yang baik.

    BalasHapus
  5. Iyappp media sosial banyak sekali manfaatnya. Tergantung penggunaannya

    BalasHapus