Day 12: Tips Sehat Ala Nengsih


"Kamu mau buah nggak?", kataku pada seorang teman yang menemaniku belanja buah kala itu.  Sayangnya ia tak suka buah.. Hmm.. Ok lah aku sendiri saja. 
Aku memang suka buah.  Ketimbang ngemil makanan chiki-chiki yang lain.  Yaa selain karena aku suka, juga karena menurut aku itu lebih sehat. 

Eh,  btw ngomoingin tentang kesehatan noch teman-teman, kalian sering sakit nggak sich?  Kalau aku sich alhamdulillah jarang yaaa.. Kata orang itu dikarenakan golongan darah aku O. Yang antibodynya lebih kuat.  Namun juga kalau sakit ya parah dan susah sembuhnya.  Hehee.. 

Tapi emang fakta sich.  Alhamdulillah jarang banget merasakan sakit kecuali kalau segugut saat haid,  atau pusing ketika berpanas-panasan.  Hehee

Nah aku ada beberapa tips ni teman-teman agar tetap sehat dan kuat dalam menjalani hari.  Apa aja??  Cekidott!!! 

1. Banyak minum air putih

Air itu penting banget untuk rajin kita minum temas.  Tau kan kalo aturan minum itu 8 gelas dalam sehari. Biar kita tak dehidrasi. Air mamfaatnya juga banyak banget.  Bisa membuat kita nampak awet muda dan bagi yang program diet,  banyak-banyak minum air putih dech.  Tapi makannya dikurangin juga. Hee

2. Atur pola makan 

Kamu lebih suka makan sekali tali banyak atau makan sedikit tapi berkali-kali? 
Nah yang lebih Bagus itu ya makan 3x sehari sedikit saja.  Hihii.. But it's not choice. Hehee

Iyappp..  Yang lebih baik itu makan sedikit-sedikit tapi sering.  Kenapa?  Karena tubuh kita prosesnya bisa lebih santai dan nggak mendadak berat dan menumpuk gitu kalau lagi mengolah makanan dari tubuh. 

Ingat kawan.  Atur pola makan mu dan jangan berlebiha.  Jangan nggak teratur kayak aku yaa.. Yang makannya di jamak antara sarapan dan makan siang.  Serta makan malamnya kadang-kadang doank.  Huhuuu

3. Atur Pola tidur

Selain makan, kita juga mengatur pola tidur. Jika teman-teman nggak ada ada kegiatan penting, mending nggak udah begadang dech. Nanti sakit dan kurang darah kayak aku..aduuhh..lie toh Neng? Ngajak orang nggak begadang tapi akunya juga kadang masih begadang kalo belum bisa tidur. Hihii.. Maklum yaaa..

4. Olahraga

Olahraga penting nanget untuk membuang racun dalam tubuh dan ngeluarin keringat. Kemaren-kemaren sich aku suka banget olahraga. Misal panahan yang rutin tiap minggu, tenis meja yang rutin tiap hari, atau senam. Yaaa lumayan bisa ngeluarin keringat dan buat tubuh jadi lebih bugar. Next, aku pengen rajin lagi dech..biar tambah sehat.

5. Konsumsi buah

Kamu suka ngemil chiki-chiki?? Stoppp!!!. Itu tak baik untuk kesehatanmu. Chiki-chiki itu banyak sekali penyedap rasa dan pengawetnya. Tak baik untuk tubuh. Kalau cuma sekali-sekali mah ya maklum. Jangan keseringan aja atau jangan sampai jadi rutinitas. Mulai sekarang beralih ke buah aja yookk..lebih sehat dan alami. Bisa kates, mangga, buah naga, jeruk, buah salak, pisang, semangka, dll..

6. Konsumsi suplemen

Yang ini terakhir yaa.  Jangan sampai juga kesehatanmu bergantung terhadap suplemen. 
Kalau aku pribadi mengonsumsi suplemen ini kalau lagi padat aktivitas saja misal lagi ada kegiatan yang kerjanya seharian. Suplemen apa yang aku minum? Aku minumnya suplemen Habbatussauda.

Okay, itu ya teman-teman tips sehat ala aku. Semoga kita semua bisa sama-sama menjaga kesehatan kita yaa..
Ingat !!!

Lebih baik mencegah penyakit ketimbang mengobati sakit. 

Salam sehat yaa.. Byee.. 

1 komentar