Day 23: Hal Yang Disesali Dalam Hidup


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.. 

Apa kabar teman-teman?  Selalu sehat kan? 

Sebelumnya aku mau nanya, apakah teman-teman pernah mengalami penyesalan dalam hidup?  Hal apa yang disesali? 

Yaa.. Walau semua orang tau bahwa penyesalan datang di akhir, namun rasa itu kerap saja ada.  Yaa manusiawi barangkali yaa.. 

Terkadang ketika apa yang telah terjadi tidak sesuai dengan kenyataan, terbitlah sebuah penyesalan.  Atau akibat yang telah terjadi hari ini karena sebab yang telah kuta perbuat, penyesalan selalu mengiringi. 

Tapi apapun yang terjadi dalam hidup kita, tak ada yang perlu disesali.  Karena semua pasti ada hikmahnya.  Semua ada pelajaran yang dapat kita petik.

Menyesal akibat pernah melawan orang tua

Sebagai manusia, aku juga pernah merasakan penyesalan. Di usia yang 22 tahun dan mengunjak semester 7 ini, aku menyadari sungguh dulu pernah menyakiti hati orang tua. 

Kenapa bisa?
Iya, di masa yang labil, masa puber saat putih abu-abu, terkadang aku sering berbeda pendapat dengan orang tua.saat itu mungkin fikiran aku belum dewasa. Belum pandai memanage diri.
Betul kata Bang Haji Roma Irama dalam lagunya,
"Darah muda darahnya para remaja
Yang selalu merasa gagah
Tak pernah mau mengalah
Masa muda masa yang berapi-api
Yang maunya menang sendiri
Walau salah tak perduli"

Eh..malah nyanyi .Wkwk.. 

Ehemm.. Betul sekali.. Saat itu merasa paling benar.  Namun itu semua telah berlalu.  Sejak kuliah dan sekitar semester 3 ke atas, aku mulai menyadari akan kesalahanku tersebut.  Dan sudah berulang-kali meminta maaf kepada orang tua terutama Ibu. 

Lalu apakah sekarang masih sering beda pendapat?  

Iya.. Namanya juga kita manusia kan.. Pasti pendapat kita beda-beda.  Namun sekarang lebih kepada bagaimana cara menanggapi pendapat yang berbeda-beda tersebut. Lebih bijak dan santun dalam menanggapi sikap orang tua.  Karena memang tak pantas kita menyakiti hatinya. 

Dan alhamdulillah,  perlahan kita sama-sama mengerti. Sama-sama faham. Yaa jika ada yang tidak sesuai, kita sentuh hati orang tua.  Ajak bicara.  Karena semua perlu dikomunikasikan. 

Okay, itu sharing dari aku ya teman-teman.. Hal yang pernah aku sesali dalam hidupku. Untuk Ayah,  Ibu.. Aku menyayangi kalian. Sehat selalu Ayah,  Ibu.. Maafkan aku yang banyak salah dan sering tak dengar perkataanmu. I Love You So Much 

1 komentar

Terima kasih kunjunganya teman-teman :-) Jangan lupa komentar dan Silahkan tinggalkan komentar yang baik-baik saja. No SARA. Syukron Jazakallah